Home > Uncategorized > pengaruh warna pada perasaan, prilaku dan mood

pengaruh warna pada perasaan, prilaku dan mood

Warna memberikan pengaruh Pada Perasaan, Prilaku dan mod seseoreng.

manusia melakukan segala sesuatu berawalkan dari Imajinasi yang di teruskan sebagai tindakan yang nyata dan terkadang tercurah dalam catatan sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan baru. Pengetahuan terkadang sifatnya terbatas tergantung kemampuan individu. Sedangkan Imajinasi tak pasti seberapa batasannya melingkupi dunia dan yang jelas dari imajinasi inilah terjadi atau ditemukan suatu ilmu pengetahuan baru. Tahun 1666, ilmuwan Inggris Sir Isaac Newton menemukan bahwa ketika cahaya putih bersih dipantulkan melalui prisma, ia memisahkan ke semua warna yang terlihat. Newton juga menemukan bahwa setiap warna terdiri dari satu panjang gelombang dan tidak dapat dipisahkan lebih lanjut ke dalam warna lain.cahaya dapat dikombinasikan untuk membentuk warna lain. Misalnya, mengkombinasi warna merah kuning terang dan menghasilkan sebuah warna oranye.

Sebuah warna dihasilkan dari campuran dua warna lain yang dikenal sebagai metamer. Beberapa warna, seperti kuning dan ungu, ketika salah satu warna tersebut tidak ikut dicampur maka akan menghasilkan warna putih terang. Kombinasi warna ini dikenal sebagai pelengkap atau warna turunan.

warna

apakah Efek Psikologis dari Warna warna tersebut terhadap Perasaan, Prilaku dan mod seseoreng ?

ada beberapa efek warna yang memiliki makna universal.

Warna merah di daerah spektrum bisa di artikan sebagai warna yang menggambarkan perasaan hangat, termasuk warna merah, oranye, dan kuning. Warna ini membangkitkan emosi mulai dari perasaan hangat dan nyaman bahkan perasaan marah dan permusuhan.

Warna biru terkenal sebagai spektrum warna yang menggambarkan perasaan dingin. termasuk warna biru, ungu, dan hijau. Warna ini sering digambarkan sebagai ketenangan, tetapi juga dapat membangkitkan perasaan sedih atau terabaikan.

Dalam kebudayaan mesir bahkan china kuno, mempraktekkan chromotherapy atau penggunaan warna sebagai media dalam penyembuhan. Chromotherapy kadang-kadang disebut sebagai terapi cahaya atau colourology. Tekhnik penyembuhan ini masih digunakan sampai saat ini sebagai pengobatan alternatif.

Merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran serta meningkatkan sirkulasi. Kuning dipergunakan untuk merangsang simpul-simpul syaraf yang berfungsi meningkatkan sirkulasi tubuh. Orange digunakan untuk mengobati paru-paru dan meningkatkan tingkat energi. Biru diyakini sebagai pengurangan rasa sakit. Warna Indigo dipergunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Dari sekian psikolog, ada yang berpendapat bahwa terapi warna tidaklah memiliki efek penyembuhan psikologis. sebab, menurut mereka warna memiliki arti yang berbeda di setiap wilayah satu dengan yang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa dalam banyak kasus warna dapat mempengaruhi mood meskipun hanya sementara. Suatu ruang di berikan warna biru pada awalnya menimbulkan perasaan tenang, tetapi pengaruh tersebut akan menghilang dalam waktu singkat.

Arti Psikologis dari Warna :
Hitam menyerap semua cahaya dalam spektrum warna. Hitam sering digunakan sebagai simbol dari ancaman atau simbol jahat, tetapi juga terkenal sebagai indikator kekuasaan. Warna hitam digunakan untuk mewakili karakter curang, sering dikaitkan dengan sihir. Hitam juga sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya. Hal ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, dan keanggunan. Di dunia mode, hitam memberi efek melangsingkan.

Putih melambangkan kesucian atau kemurnian, dapat juga menggambarkan kesan dingin, lemah lembut dan steril. Pengunaan warna putih yang cerah dalam ruangan akan memberi kesan luas, bersih, terang dan megah. namun juga memberikan kesan kosong dan tidak ramah. Rumah sakit biasanya menggunakan warna putih untuk memberikan kesan bersih dan steril.

Hijau adalah warna yang dingin atau sejuk. yang melambangkan alam dan kehidupan alam. Hijau juga mencerminkan ketenangan, kesehatan, dan kecemburuan. Sejak jaman dulu warna hijau merupakan simbol kesuburan. Hasil penelitian menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca. Suatu Riset yang dilakukan pada beberapa orang ditemukan bahwa peletakan transparan lembar kertas berwarna hijau di atas bahan bacaan meningkatkan kecepatan membaca dan memahami.Hijau sering digunakan dalam dekorasi untuk memberi efek ketenangan. Misalnya, dekorasi ruang tamu di kantor-kantor sering mengkombinasikan warna hijau dan sebuah taman mini untuk memberi kesan santai dan bersahabat. Warna hijau dapat juga membantu pikiran menjadi rileks bahwa dapat mereduksi stress dan membantu penyembuhan. Orang-orang yang suka akan alam biasanya jarang memiliki keluhan sakit kepala dan sakit perut.

Kuning yang terang sering digambarkan sebagai riang dan hangat. Namun warna kuning dapat membuat lelah mata karena banyaknya jumlah cahaya yang tercermin. Menggunakan kuning sebagai latar belakang di atas kertas atau monitor komputer dapat mengakibatkan sakit mata atau kesulitan pandangan dalam kasus ekstrim. Kuning juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kuning juga dapat menciptakan perasaan marah dan frustrasi. Meskipun dianggap sebagai warna ceria, orang lebih cenderung kehilangan kesabaran jika berada dalam ruang berwarna kuning dan seorang bayi cenderung menangis lebih sering jika ditempatkan di kamar berwarna kuning. Karena warna kuning mengandung banyak jumlah cahaya, maka penggunaan warna kuning biasanya untuk menarik perhatian, hal ini dapat dilihat pada penggunaan warna kuning pada rambu-rambu lalu lintas atau iklan.

Merah yang cerah, memberi kesan hangat yang kuat bahkan dapat memicu emosi. Merah biasanya diasosiasikan dengan cinta, kehangatan, dan kenyamanan. Merah juga dianggap sebagai simbol kegairahan hidup, atau bahkan marah, warna yang membuat perasaan kegembiraan.

Biru merupakan warna yang paling disukai banyak orang terutama kaum adam. Biru memberikan kesan ketenangan pikiran atau perasaan tenang. Hal ini sering digambarkan sebagai damai, tenang, aman, dan tertib. Namun biru juga dapat menciptakan perasaan kesedihan atau sikap acuh tak acuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan warna biru untuk ruang kantor akan membawa pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan. Meskipun warna biru adalah warna yang popular, namun biru dapat mempengaruhi selera makan, pada riset penurunan berat badan, salah satu terapinya adalah menggunakan piring warna biru untuk menyajikan makanan. Warna biru natural pada buah dan sayuran hanya terdapat pada buah blueberry dan plum, bahkan warna biru bila dikaitkan dengan makanan biasanya memberi kesan makanan yang beracun. Warna biru juga dapat menurunkan pulse rate dan suhu tubuh.

Ungu adalah simbol dari royalti dan kekayaan, juga melambangkan kearifan dan spiritualitas.Warna ungu dalam fenomena alam jarang terjadi, namun jika muncul akan menimbulkan kesan eksotik atau artifisial.

Coklat adalah warna yang alami yang dapat membangkitkan kekuatan dan kehandalan. Coklat juga dapat menciptakan perasaan sedih dan terisolasi. Coklat cenderung membawa pikiran pada rasa kehangatan, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini sering digambarkan sebagai alam, membumi dan konvensional, tetapi juga dapat menimbulkan keindahan natural.

Oranye adalah kombinasi kuning dan merah dan dianggap sebagai warna yang energik. Warna oranye dapat membangkitkan kegembiraan, antusiasme, dan kehangatan, selain itu warna oranye sering digunakan untuk menarik perhatian, seperti rambu lalu lintas dan iklan disamping warna kuning.

Pink pada dasarnya adalah warna merah terang dan biasanya diasosiasikan dengan cinta dan romantis. Warna pink juga dapat memberikan efek ketenangan.

Nb. Artikel ini diambil dari web sma n 1 jogonalan.

Categories: Uncategorized Tags:
  1. October 4th, 2009 at 15:37 | #1

    Ben, Repost seko ngendi artikel-e?

  2. November 18th, 2009 at 20:19 | #2

    aku moco soko info sma ku mbiyen….ono artikel warna.

  1. No trackbacks yet.